Tips Belajar Efektif

Tips-tips dari teman kamu di seluruh dunia soal belajar yang efektif.

1. Selalu ulang kembali pelajaran yang telah didapat. Setelah itu baca singkat dua halaman materi berikutnya buat cari kerangkanya saja. Begitu pelajaran tersebut diterangkan guru esoknya, kamu sudah punya gambaran atau dasarnya, tinggal menambahkan saja apa yang belum kamu tahu. Jadi begitu pulang sekolah, kamu hanya mengulang saja untuk mencari kesimpulan atau ringkasan.

2. Usahakan selalu konsentrasi penuh waktu mendengarkan pelajaran di sekolah. Materi yang kamu dengar bakal mudah dipanggil lagi begitu kamu menghapal ulang pelajaran.

3. Coba untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik. Susah lupanya.

4. Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

5. Selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

6. Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, kamu menjadi lebih paham akan materi tersebut.

7. Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya : selalu buat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

8. Ada beberapa temanmu yang menyukai waktu belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut tidak mereka sia-siakan begitu saja. Pagi mereka konsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya mereka gunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang. Boleh juga tuh!

9. Kalau badan capek, bakal susah buat konsentrasinya. Beberapa temanmu menyarankan untuk libur dulu dari acara olah raga atau kegiatan fisik lainnya sehari menjelang ulangan umum.

10. Belajar sambil mendengarkan musik memang asik. Pilih musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik macam Beethoven ato Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok banget buat menemani kamu selama mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, kayak matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajarmu akan selalu berisi dan penuh semangat.

Memang bingung ya kalau semua orang saling memberitahu apa yang harus kamu kerjakan. Paling penting adalah utamakan prioritasmu sendiri. Karena biasanya kita menilai diri sendiri dari apa yang dirasakan, sedang orang lain hanya melihat dari apa yang telah kita hasilkan. Sementara apa yang bisa kita hasilkan hanya kita sendiri yang tahu. Jadi, buat target yang kamu percaya mampu meraihnya bukan apa yang dipikirkan orang lain. Begitu juga dengan cara belajar efektif, pilih cara baik mana yang paling pas dengan kondisimu. Selamat mencoba!

48 Tanggapan

  1. Ya betul sekali makasih artikel nya Yahhhhhhhhhhh?

  2. Ya makasih

  3. Thanks BUat infonya. Aku coba dirumah ma jangan lupa ke blokku di firmansyah11.wordpress.com

  4. Thanks ya tipsnya…

    Berguna banget nie…

    ^_^

  5. thanx” yaw tipsnya……………..

  6. izin copas yaa😀

  7. q kan coba dech
    mdh2n za berhasil

  8. tips ble juga tuh…

    thabx ya tapi kurang banyak seh..

    kalau bisa ditambah lagi..

    salam stadezone

  9. saya mau bertanya,,,, apakah jika kita mencatat atau mengetik ulang itu tidak buang2 waktu… masalahnya,, jika kita belajar mengulang dengan mengetik misalnya, kita bisa didahului dalam proses pembelajaran… misal kita masih mengulang pelajaran x, tapi teman2 sudah mempelajari bab y…. bagaimana pendapat anda??

  10. thank bgt yah,,, bs wat ujian ppl gw neh,,

  11. Matur nuhun aq coba 10 tips diatas…
    Wassalam…

  12. makasih yw artikelnya mudah2 Q bisa lebih giat lg bljrnya

  13. makasih yw artikelnya mudah2an Q bisa lebih giat lg bljrnya

  14. makasih ea….

  15. Artikelnya memang top abis

  16. thanks ats tipsnya yaaaachh…..

  17. boleh juga.tuh.tips nya.

  18. askum wr wb

    tipsx keren abizzzzzzz…….

    tapi….

    beri tahu donk cara mengerjakan soal2 yang sulit???????

    thank.

    wasalam

  19. […] September 29, 2009 pada 3:27 pm (Uncategorized) Tips Belajar Efektif […]

  20. Tgs tipsy !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    bagus bangettttttttttttt!!!!!!!!

  21. thanks bgt yaaa,,,
    tp ak juga mw tnya nich cz lw ak belajar ada ajah yg ganggu di pikiran ak.Cz pasti gax bisa tenang berhubung materi yang harus ak pelajari n baca itu banyak bgt,,,
    bantu ak ndong buwat lebih konsen dalam belajar tapi yang terutama di rumah,,,

  22. mkash y gra2 tips ni ku jdi bsa mnmbah prestasi dlm pel yang gk ku ska

  23. wuihhh… buset bagus bngt
    sangat membantu

  24. askum,,
    maksih atas tipsnya..
    but aw mau tanya,, gmn sich cara mudah bwT ngapalin rumus or sejarah dengan cepat n mudah????
    cz aw nie paling suli9t bwt ngapalin rumus apalagi tentang sejarah…
    thanks n
    wasalam

  25. Makasih yaa, ni Tips berguna banget

  26. T o p b g d !! 4 jempol bwd artikel ini . . .

    Klo ada sjuta jmpol bkal sy kash dah..hehe.

    Makash bnyak kaa

  27. tips yang oke!

  28. TIPSNYA BOLEH JUGA TUCH DICOBA… TAPI YANG PALING PENTING ADALAH KESADARAN DARI DIRI SENDIRI UNTUK MAU BELAJAR…..

  29. ehh….makasih tips nya bisa bwat bantu rara,belajar
    thank’s

  30. Trima kasih saya akan mencoba,tpi kndala nya adalah wktu,karena d samping saya seorang plajar saya juga seorang santri…Tölong minta solusinya!

  31. mkatie wat sarannya

  32. Thx bget tipz nyaaa.. Akku cobaa deh.. Coz buat nuntasin target..

  33. iya kaliiii yaaaaaaaaaa tapa masalah nya qu selalu males watttttttt belajjjarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr

  34. tips nya boleh juga sih
    tapi, ak sering belajar sambil dengerin musik.
    bukan pelajarannya yg lengket di otak ak, malah musiknya yg lengket….

  35. terima kasih tipsnya……….semoga anak Indonesia semakin pintar dan menjadi generasi muda yang baik.AMIN……………

  36. thanks bgt ya artikel nya,, kerenn lo !!

  37. Artixelnya bgz bgt,,,

    Ets . . . q m tnya?knp pd sa’at mpel berlangsung tib” k0nsentras jd buyar dgn sktika.pkran melyang kman”.
    Minta s0lurinya d0ng ??? Gar te”p k0nsen dlm waktu blajr.

  38. moga aj yg ku baca tuk jdi pntar nie bisa brmanfa’at tuk ku,,,
    makasi atas pnjlasannya,,,,,
    amiiiiiiiiiiiiiiiiiin

  39. Makasi mga brmanfaat

  40. aku uda nyoba blajar dengan cara gmna pun, saat ujian aku yakin dengan jwban tpi setelah liat hasil ujiannya mnegecewakan ga sma dengan keyakinan aku ngejwab knpa seperti itu ya?
    aku bngung apa yg slah ?
    aku pikir awanya krna aku ga teliti keesokkannya kau nyoba ulang dengan telitii dan hati – hati sama aaj hasilnya aku kecewa!dlu saat SMA,SD,.SMP nilai dan cara belajar sperti ini membuahkan hsil yg memuaskan tpi skg diperguruan tinggi knpa gini ????

  41. Bagus bangetz tips’a,
    mga dg tips ini q za ngktin blajr’a,
    amin…nnnn

  42. makasih yah atas info_a pzti aqan q cba
    dan mdah2bermanfaat bgi q

  43. trima kasih atas tipsnya….tapi aq mau tanya ……gimana caranya untuk senang dan mudah untuk memahami apa yg diajarin guru….supaya kita bisa jelas apa yg diajarin.ibuku mahu aq dpt nombor123 aja….jadi aq mahu tahu gimana caranya untuk bijak daripada sebelumnya….jika kita ingin berjaya apakah yg harus kita lakukan untuk pelajaranya lebih mencabar bagi kita semua…………dikelas ku ramai org yg bijak 2 semuanya aq mahu jadi bjk mcm meraka ….jika bisa aq mahu ditunjukin cara yg aq mahu ini ditunjukkan pada 10 januari 2011…jam 9:00 mlm ya…..kalo nggak bisa ditunjukin pada waktu yg ditetapkan…….nggak papa tapi aq mahu seawal yg mungkin…sebelum upsr ya …….thn ini aq udah dkt upsrnya ajarin dongggg

  44. Tips yang amat baik…
    Tapi menurutku hal yang terpenting adalah adanya kemauan yang tinggi untuk mau belajar.

  45. good tips
    good job
    dengan belajar efektif maka saya dapat menembangkkan potensi saya
    terimakasih banyak

  46. mkzih tips’a …
    sngtz brgna…🙂 ^_^

  47. 😦🙂😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: