Cara Menjadi Orang Bijak

1. Tidak Emosional, hal itu berarti orang yang temperamental, mudah marah, meledak-ledak, gampang tersinggung, sulit menjadi bijaksana dan hanya dapat menjadi bijak dengan pertolongan Allah dan kegigihan usaha untuk berubah, jadi orang yang bijak adalah orang yang terampil mengendalikan diri. Berhati-hatilah jika kita termasuk orang yang mudah marah maka jika bertindak biasanya cenderung tergesa-gesa. Orang-orang yang emosional tersinggung sedikit akan sibuk membela diri dan membalas menyerang, ini tidak bijaksana karena yang dicari adalah kemenangan pribadi bukan kebenaran itu sendiri.

2. Tidak egois, orang yang egois jelas tidak akan dapat menjadi bijak, karena bijak itu pada dasarnya ingin kemaslahatan bersama, orang yang egois biasanya hanya menginginkan kebaikan untuk dirinya sendiri. Rasulullah selalu hidup dalam pengorbanan, begitu pula Indonesia dapat merdeka oleh orang-orang yang berjuang penuh pengorbanan. Orang yang bijak adalah orang yang mau berkorban untuk orang lain bukan mengorbankan orang lain untuk kepentingan dirinya sendiri.

3. Suka cinta dan rindu pada nasihat, akan sangat bodoh jika kita masuk hutan tanpa bertanya kepada orang yang tahu mengenai hutan. Jika kita di beri nasihat seharusnya kita berterima kasih. Jika kita tersinggung karena di sebut bodoh maka seharusnya kita tersinggung jika disebut pintar karena itu tidak benar. Jika kita alergi terhadap kritik, saran, nasehat atau koreksi maka kita tidak akan bisa menjadi orang yang bijak. Jika seorang pemimpin alergi terhadap saran atau nasehat, bahkan memusuhi orang yang mengkritik, maka dia tidak akan pernah bisa memimpin dengan baik.

4. Memiliki kasih sayang terhadap sesama, Rasa sayang yang ada diharapkan tetap berpijak pada rambu-rambu yang ada seperti ketegasan. Diriwayatkan bahwa orang yang dinasehati oleh Rasulullah secara bijak berbalik menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Orang-orang yang bijak akan sayang terhadap sesama. Berbeda dengan orang-orang yang hidup penuh dengan kebencian, dimana kepuasan bathinnya adalah menghancurkan orang lain. Pemimpin sebaiknya memiliki kasih sayang yang berlimpah tidak hanya pada waktu kampanye saja. Kasih sayangnya juga tidak hanya untuk satu pihak atau kelompok melainkan merata untuk semua golongan.

5. Selalu berupaya membangun, Orang yang bijak tidak hanyut oleh masa lalu yang membuat lumpuh tetapi selalu menatap ke depan untuk memperbaiki segalanya. Orang yang bijak akan membangkitkan semangat orang yang lemah, menerangi sesuatu yang gelap. Jika melihat orang yang berdosa, maka ia akan bersemangat untuk mengajak orang tersebut untuk bertaubat. Orang yang bijak ingin membuat orang maju dan sangat tidak menyukai kehancuran dan kelumpuhan kecuali bagi kebathilan. Semangat orang yang bijak adalah semangat untuk maju tidak hanya untuk dirinya tetapi juga bagi orang lain disekitarnya.

About these ads

48 Tanggapan

  1. [...] seorang Profesor ahli SDM Sjafri Mangkuprawira mengemukakan 11 point menjadi bijak. Ada pula yang hanya 5 cara menjadi bijak. Tapi pikiran nyeleneh saya mulai kambuh lagi, loh mengapa tidak belajar dari padi-gabah untuk [...]

  2. Thanks banget ya …..

  3. very very nice blog… salam kenal yaa..

  4. Oke thanks yo ,,,

  5. Thanks atas tips’y?
    Salam kenal yah??

  6. saya setuju…orang lain punya pemikiran sendiri tentang bagaimana jadi orang bijak…
    selama pemikiran itu memiliki nilai kebajikan…itu adalah benar.

  7. Makasih æ ats tipsX,mga ak bsa jd org bjx stlh m3mbcny

  8. [...] September 29, 2009 pada 3:31 pm (Uncategorized) Cara Menjadi Orang Bijak [...]

  9. Malasih tips-nya, mohon maaf kalau aku copy paste untuk bacaan sehari-2

  10. Gw stju smua am lw2 pade..

  11. saya copy ya apk wat membacanya sehari2

  12. saya setuju dengan semua kata kata bapak.Karna kata2 nya

  13. salam kenal ya

  14. Mantap… Sepakat..!!! (ketika orang mengatakan dirinya bijak.. Ia sesungguhnya bukan orang yg bijak.. krn org yang bijak tidak pernah mengatakan dirinya bahwa “SAYALAH YANG MEMBERI DIA MAKAN”)

  15. thankz ya….
    tips2 nya mantap

  16. makasih banget ya

  17. makasih banget pak.. bagiku nasehat adalah suatu yg tak dapat hargai dgn apapun kecuali dgn hati yg rindu akan kebenaran…

  18. lumayan bisa jdi inspirasi untuk menyongsong hidup yng lebih baik !!!!!

  19. Setuju

  20. orang yang bijak mampu dalam menghadapi kehidupan yang baik dan orang bijak tidak pernah merasa kekurangan kecuali merasa kekurangan ilmu. semoga apa yang dipaparkan dapat kuterapkan. ya Allah tolonglah aku menjadi orang yang bijak… Amin.

  21. siiiippppp….wajib ditiru dan dipraktekkan dikantor nich,,,,makasih yach……………

  22. thanks bos atas informasinya…..

  23. thank untuk infox

    orang bijak menganggap musibah sebagai cobaan hidup tidak sebagai takdir hidup

  24. keren… bgt… terus berbagi pengalaman dan ilmu dan serahkan semua kepadaNYA (pasti tuhan akan membalasnya )
    slam kenal

  25. terimakasi q tlh tau apa kta arti bijak

  26. keren hbis

  27. Makasih atas sarannya ..tapi sy orangnya keras kepala,tdk mau mendegarkan nasehat orang tua selalu saja menentang kehendak orang tua ….
    Sy mau bertanya ,,bgaimana supaya saya bisa menjadi baik dari sebelumnya ???
    Tolong d’balaz …thank’s sbelumnya ..

  28. Keren om blognya, belajar jadi orang bijaksana sehingga bermanfaat bagi orang banyak.
    Sedikit nambahin, orang bijak tidak akan mengharapkan imbalan atas apa yang diperbuat, apalagi pujian ataupun penghargaan dari orang lain, dan juga tidak untuk kepentingan pribadi semata. Tetapi orang bijak menginginkan apa yang dia lakukan adalah yang terbaik untuk semuanya.

  29. wah tips yang baik…

  30. Ass. Tlng kirim kisah2 orang 2 berhasil dalam berusaha

  31. makasih ya smoga jdi peljran bgiqu…………
    thank ya……..?

  32. makasih ya dengan cara ini aq bisa blajar dgn bijaksana

  33. Terkadang saya merasa sedih dan kecewa, ketika menyaksikan tayangan di Televisi, seperti kasus korupsi BLBI, bank Century, para elite politik saling konflik, dan sebagainya .

    Seandainya mereka bersedia belajar tahu dan ingin tahu, bagaimakah menjadi orang yang bijak dalam segala hal, tentu saja masalah-masalah tersebut tidak akan mungkin timbul di muka bumi Indonesia tercinta ini.

    Bagi saya bahwa berbuat baik dengan sesama manusia, jauh lebih sulit daripada mendapatkan posisi jabatan terpenting di muka bumi ini.

    Permasalahannya adalah, apakah berbuat tidak jujur jauh lebih baik, karena bisa lebih cepat menjadi orang kaya raya dan memiliki jabatan penting, daripada berbuat jujur tetapi dengan resiko sulit mendapat jabatan dan kekayaan ? apakah memiliki sikap belajar tahu dan ingin tahu tentang cara menjadi orang bijak dalam segala hal, adalah sikap yang bisa mendatangkan banyak keuntungan dalam menjalani kehidupan di dunia ini ?

  34. Makasih.. bs dipraktekan neh..

  35. bagai mana caranya supaya kita tidak berlarut dalam masa lalu, bias tetap fokus kemasa depan . . . . .

  36. GOOD,,,,,,,,,,,
    mksh atas saranny………

  37. aku tu sorang duda yang ditinggal istri dan aku pengen merajut kasih tapi takut tersakiti lagi karena belum lama ini aku juga tersakiti ma orang yang aku anggap kekasih

  38. musuh terberat kita adalah dirikita sendiri, berusha menjadi bijak sring kali kita gak konsekwen sama komitmen yang udah kita ambil, sulit banget untuk gak terpancing emosi, (emosi dalam arti luas).

  39. saya setuju. semoga saya bisa menjadi bijak.

  40. saran ini cukup membantu………………..terimakasih ea.^_^

  41. terima kasih, semoga kita tetap menjadi orang yang bijak

  42. ngrasa dri sya sndri yg d omongin .. hhe
    tpi alhamdulilah ada pencerahan bwt sya .. makasih sran nya mas bro

  43. ijin copy paste bapak untuk di sebar luaskan. Artikal yg sangat bermanfaat, jadi tambah ilmu nih.

  44. trmaksh. . Saya sngt stju skali. .
    Selain yang d d ats, untk menjd orng bijak,
    kejujuran, ketakwaan kpd Allah SWT juga tanggung jawb yg besar, mrpakn hal yg tdk bleh di lupakan. . Krna akan membngun kepercyaan, orng lain trhdp kta. .

  45. smua yg ada di atas berlawanan dgn gw banget , gw harus gmn d0ng mas bro ???

  46. ingin menjadi orang yang lebih manusiawi.

  47. wawwww,,, umum bangetsssss………..

  48. trimakasih bnyak ilmunya bro,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d bloggers like this: